09.35

Yukata

Diposting oleh Team JAPANpedia

Memasuki musim panas, banyak orang Jepang yang mengenakan yukata. Yukata adalah pakaian tradisional Jepang untuk pria dan wanita yang dirancang dalam bentuk kimono kasual. Sebenarnya dulu yukata merupakan pakaian sehabis mandi di ryokan [penginapan ala Jepang].Yukata sendiri berasal dari kata yu [mandi] dan katabira [di bawah pakaian]; yang berarti "pakaian sehabis mandi". Tapi sejak tahun 90-an orang Jepang juga mengenakannya pada perayaan matsuri di musim panas, seperti bon odori, festival kembang api [hanabi-taikai], dll.



Tidak seperti kimono yang berbahan sutra atau kain jenis sintetis, yukata umumnya dirancang dengan bahan katun agar mudah menyerap keringat. Yukata dijual toko-toko di Jepang dalam berbagai desain, pola, dan warna. Kaum muda di Jepang lebih memilih yukata dengan warna cerah dan terang, sedangkan yukata berwarna gelap lebih banyak dipilih orang dewasa. Belakangan ini yukata berkembang dengan berbagai model dan corak yang cantik dan menarik, bahkan ketika memasuki musim panas, orang Jepang khususnya kaum muda-mudi sangat antusias tampil mengenakan yukata di perayaanperayaan matsuri. Yukata yang tadinya hanya sebagai pakaian tradisional sekarang mengalami perkembangan yang mengarah pada trendmusim panas.Buat kamu yang suka dan ingin membuat yukata sendiri, silahkan simak tips-tips berikut ini...


WOMEN'S YUKATA

Yukata untuk wanita dirancang dengan memadukan banyak motif dan warna. Motif yang paling banyak dipakai adalah motif bunga-bunga. Warna pun bervariasi, mulai dari putih, biru muda, merah, ungu, pink, kuning, hingga hitam.



LIGHT
BLUE
Yukata
warna biru muda memberi kesan ringan dan sejuk. Obi warna muda atau setingkat lebih terang akan terlihat kontras.





PEACH
Yukata warna peach menampilkan sisi feminim yang kuat. Untuk obi bisa dipilih warna gelap atau terang.




PINK
Yukata berwarna pink menampilkan sisi feminim dan cute. Kenakanlah aksesoris warna terang untuk menonjolkan kesan cerah.



WHITE
Yukata warna putih paling memberikan kesan polos, bersh, dan segar dibandingkan warna-warna lainnya. Aksesoris warna muda membuat yukata putih terlihat lebih manis.

BLACK
Warna hitam menonjolkan kesan dewasa da seks
i. Yukata hitam cocok dipadukan dengan berbagai aksesoris warna-warni yang mencolok mata.


Accessories

  • Obi
Obi tidak harus berwarna polos, tampilan obi warna-warni dengan motif bunga-bunga pun tetap matching bila dipadankan dengan yukata bermotif ramai.
  • Obi-kazari/obidome
Seperti mengenakan kimono, obi terlihat cantik dengan hiasan obi-kazari[tali yang diikatkan pada bagian luar obi]
  • Korsase
Korsa
se warna senada dengan yukata/obi jadi pilihan untuk mempercantik penampilan.
  • Geta
Geta [s
andal kayu] dengan jepitan yang berpola dekoratif merupakan padanan serasi yukata.
  • Kinchaku-bukuro
Yukata terasa tidak len
gkap tanpa kinchaku-bukuro atau tas jinjing dengan ikatan tali. Selain kinchaku-bukuro, tas jinjing juga cocok dipadukan denganyukata.
  • Hair pin
Jepit ra
mbut warna senada dengan handbag bisa menambah cantik penampilan ber-yukata. Ikat rambut pun bisa dijadikan alternatif dengan mengikat rambut seperti bentuk kue dango.


MEN'S YUKATA

Yukata pria umumnya didominasi warna-warna gelap dengan pola sederhana tapi tetap telihat menarik.


Yukata motif garis-garis dengan dua pola terlihat unik dan stylish.




Yukata hitam pola kotak-kotak menonjolkan kesan cool dan maskulin.




Motif bunga tidak untuk wanita saja. Tapi pria pun cocok memakainya. Pola bunga-bunga padayukata warna biru tua memberikan sentuhan 'cute'.





Geta
Bila dibandingkan yukata wanita, yukata untuk pria lebih sedikit corak dan warna. Tapi untuk urusan geta [sandal kayu] tidak kalah banyaknya d
engan wanita. Geta untuk pria ada berbagai jenis, mulai dari geta biasa yang berbahan kayu hingga setta [sandal datar dengan sol kulit].



Yukata patterns
Walau yukata untuk pria kebanyakan berwarna hitam-putih dan warna-warna gelap lainnya, namun pola-polanya di desain khusus agar tampak sejuk dikenakan pada musim panas.

Kain dua sisi yang didesain dengan dua pola yang berbeda. Dengan kain ini bisa dibuat yukata pola katamigari, yaitu pola di sisi kiri dan pola lain di sisi kanan sehingga menampilkan efek berbeda bila dilipat.


Pola gambar bintang dalam mitos sperti kelinci, kera, dan katak sering dijumpai pada yukata pria.


Yukata pria kadang menggunakan pola-pola religius seperti gambar daruma yang melambangkan Bodhidharma.


Huruh hiragana dan pola gambar lingkaran seperti ini biasa digunakan untuk kostum kabuki, tapi sekarang banyak dipakai untuk yukata.


Yukata berpola chic simpleseperti ini paling banyak dijumpai.


Pola kurunganserangga semakin menonjolkan kesan musim panas.


Gambar motif ikan dan air merupakan pola yang paling populer pada yukatapria.



2 komentar:

Intan.digimonfan mengatakan...

waaah sangat bermanfaat! i love this! XD

Fryanka Anggini mengatakan...

suka bangeetttt!!!

Posting Komentar

Facebook Live Stream