09.39

History of Anime

Diposting oleh Team JAPANpedia

Apakah kalian tahu kapan anime lahir atau apa sih anime pertama yang muncul di Jepang sana ? Tentunya hal seperti ini ingin sekali diketahui oleh para penggemar anime, terutama yang mengikuti sejarah perkembangannya. Memasuki abad ke-21 ini, ternyata sudah banyak anime yang muncul dan menjadi sebuah tontonan yang cukup berkesan. Sebelumnya anime mengalami perubahan sederhana dari hitam putih sampai akhirnya menjadi anime modern yang sekarang ini. Untuk menambah pengetahuan tentang anime, maka kami akan coba menampilkan beberapa anime terkenal dan berpengaruh terhadap sejarah perkembangan anime, lengkap dengan ringkasan singkat dan tahun keluarnya.


KUMO TO CHURIPPU 1943 MOVIE

Anime hitam putih ini memiliki kualitas gambar yang hampir sama dengan film hitam putihnya Walt Disney. Tokoh dalam anime ini adalah seekor laba-laba yang tertarik dengan bunga Tulip. Pada saat itu anime ini sangat menghibur anak-anak karena memang anime ini saat itu hanya diperuntukkan untuk anak-anak apalagi tokohnya mengambil karakter binatang.


HAKUDEN 1958 MOVIE

Kisah asmara diantara siluman ular putih Pai Nhian dan Su Chien. Merupakan film anime untuk teater layar lebar pertama yang sudah full colour, pembuatannya dibantu oleh pihak bioskop Toei. Ceritanya sendiri tentu saja diambil dari Cina, dan segala sesuatunya menceritakan mengenai kisah-kisah yang terjadi diantara mereka.


TETSUWAN ATOM 1963 TV

Menceritakan mengenai sepak terjang dalam petualangan seorang robot anak-anak dalam memerangi kejahatan. Bisa dikatakan anime satu ini adalah pelopor atau cikal bakal dari anime berseri yang ditayangkan di televisi. Pembuatannya sendiri masih hitam putih.


WANPAKU OUKO NO DAIDATAJI 1963 MOVIE

Kisah petualangan seorang anak raja yang dalam perjalanan untuk melawan musuh-musuhnya, dan di antaranya adalah seekor ular berukuran besar. Jika dilihat sekilas orang tidak akan menganggap anime ini dibuat oleh Jepang, hal ini dikarenakan gaya gambar yang dipakai menyerupai gaya Eropa.


TAIYOU NO OUKO HORUS NO DAIBOUKEN 1968 MOVIE

Kisah fantasi mengenai pertempuran yang terjadi diantara Horus dan Grunward. Anime dengan penggambaran semperna sebuah dunia fantasi untuk pertama kalinya. Ceritanya dititik beratkan pada kisah petualangan seorang pemuda yang berdiri di tengah peperangan di antara dua kelompok yang bertikai, yang dia inginkan hanyalah perdamaian.


KYOJIN NO HOSHI 1968 TV

Anime yang bertemakan sport dengan topik cerita mengangkat olahraga baseball. Menceritakan sebuah keluarga yang mencintai oahraga baseball, dan tersebutlah seorang ayah tang dikenal sebagai pemain baseball yang cukup dikenal. Anime ini menceritakan drama diantara sang anaka dan ayahnya yang menginginkan dirinya seperti ayahnya.


NAGAGUTSU O HAITA NEKO 1969 MOVIE

Sebuah film fantasi yang menceritakan petualangan seekor kucing yang memakai sepatu bot tinggi. Dalam petualangannya dia ditemani oleh seorang anak yang juga memiliki keahlian yang sama dengan dirinya, bermain pedang. Dengan gabungan keahlian berdua, mereka berusaha untuk memberi pelajaran kepada orang jahat, termasuk raja-raja yang lalim.


ASHITA NO JOE 1970 TV

Anime dengan tema sport yang mengangkat tinju sebagai inti utama ceritanya, menceritakan mengenai perjuangan seorang petinju muda untuk menjadi juara. Kisah ini diangkat dari manganya yang sedang hit pada masanya, dan sesuai dengan manganya, anime ini juga bersifat sama.


LUPIN SANSEI 1971 TV

James Bond...yup! Tokoh ini sangat digemari di Jepang saat itu, dan akhirnya membuahkan sebuah ide untuk membuat cerita dengan ide yang sama dalam bentuk anime. Sifat kocak dari tokoh utamanya juga merupakan daya tarik dari anime ini.


KAGAKU NINJA TAI GATCHAMAN 1972 TV

Kisah 5 orang yang bergabung untuki membentuk sebuah tim yang bertugas untuk menghancurkan Galactor dan melindungi umat manusia dari tindak tanduk Galactor. Gatchaman adalah Tatsunoko Hero pertama yang muncul sebagai cikal bakal anime bertemakan Super Hero.


MAZINGA Z 1972 TV

Era Super Robot dimulai dengan munculnya anme ini. Mazinga Z adalah anime Super Robot pertama yang muncul. Mengisahkan perjuangan Kabuto Kouji yang mengendalikan Mazinga Z dalam menghadapi DR.Hell dengan robotnya. Tidak heran kalau Mazinga dikatakan juga sebagai bapaknya Super Robot.


UCHUU SENKAN YAMATO 1974 TV

Sebuah anime historical yang sangat dikenal oleh orang-orang hingga saat ini, ceritanya sendiri berputar sekitar kisah petualangan sebuah kapal perang luar angkasa, dengan cerita drama diantara para crewnya. Sebuah film fantasi yang benar-benar menggugah hati karena ceritanya cukup tragis.


YUUSHA RAIDEEN 1975 TV

Seorang pemuda bernama Hibiki Akira mengendalikan sebuah robot bernama Reideen. Dia berjuang membela umat manusia, jika dilihat memang seperti tema Super Robot biasanya. Anime ini adalah debut pertama Sunrise yang sekarang dikenal sbg studio animasi yang banyak menghasikan anime bertemakan robot, baik Suoer Robot maupun Real Robot.


HAHA O TAZUNETE SANZENRI 1976 TV

Sebuah anime drama yang menceritakan kehidupan seorang anak yang berpetualang demi mencari ibunya yang hilang. namun dalam perjalanannya dia menemukan orang-orang lain yang juga menganggap dia sebagai anaknya. Walaupun dibbuat dalam bentuk serial TV, gambarnya sudah cukup bagus dan style-nya mirip dengan style Miyazaki Hayao.


LUPIN SANSEI 1977 MOVIE

Film Lupin Sansei pertama yang dibuat untuk ditayangkan di layar lebar. Keluar setelah Lupin Sansei season kedua ditayangkan di layar televisi. Mengikuti cerita dari Lupin Sansei season 2. Sebagai Movie, tentunya kualitas gambar berbeda dari serial TV-nya dan layoutnya juga dikerjakan oleh orang yang berbeda pula.


IE NAKI KO 1977 TV

Bagaimanakah rasanya menjadi seorang anak yang tidak memiliki rumah ? Inilah tema yang diambil untuk anime TV Series ini. Kehidupan seorang anak bernama Remi untuk mencari tempat berlindung dan teman dgambarkan secara detail. Sebuah kisah yang menceritakan semangat untuk hidup dan apa artinya sebuah persahabatan sejati.


TIME BOKAN SERIES YATTAMAN 1977 TV

Anime kocak ini merupakan seri kedua dari seri Time Bokan series, anime ini mengambil tema super hero yang memberantas kejahatan, bedanya anime ini mengambil sisi kehidupan yang jahat. Jadi apa yang diceritakan di sini adalah perjuangan sang penjahat dalam usaha mengalahkan super hero yang ada.


SARABA UCHUU SENKAN YAMATO AI NO SENSHI TACHI 1978 MOVIE

Movie ini mengadaptasi cerita dari serial TV [Uchhu Senkan Yamato], karenanya kisah yang dipaparkan sama dengan sebelumnya. Namun dilakukan perbaikan dalam hal gambar, sehingga menjadikan anime ini sebagai sebuah masterpiece Leiji Matsumoto.


MIRAI SHONEN CONAN 1978 TV

Sebuah serial TV yang memaparkan sebuah kisah petualangan, anime ini dibuat oleh Hayao Miyazaki. Kisahnya mengenai seorang gadis bernama Rana yang kabur dari sebuah tempat, pada saat itu dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Conan. Sejak saat itu mereka berdua berusaha untuk menghindar dari orang-orang yang mengejar Rana.


TAKARAJIMA 1978 TV

Kisah yang menceritakan mengenai seorang anak yang menemukan letak sebuah pulau atau tempat di mana terdapat harta karun dalam jumlah yang sangat banyak. Lebih banyak megisahkan seluk beluk dalam petualangannya. Gaya gambarnya aga menyerupai gaya gambar Eropa.


ACE O NERAE! 1979 MOVIE

Anime dengan tema sport yang mengangkat tenis sebagai topik utamanya, menceritakan kisah seorang petenis wanita muda yang mengejar ambisinya sebagai pemain tenis nomor satu. Anime ini juga tidak terlepas dari telodrama yang dialami oleh si tokoh utama. Gaya penggambaran karakternya yang unik membuat anime ini lain daripada yang lain.


AKAGE NO AN 1979 TV

Serial TV yang digambar oleh Miyazaki Hayao. Walaupun termasuk TV series, tapi kualitas gambarnya bisa dibilang menyerupai movie, terlihat dari penggambaran background dan karakternya, yang membuat anime ini cukup dikenang. Mengisahkan seorang gadis dalam perjalanannya mencari jati dirinya sendiri, yang sedang mengalami proses pendewasaan.


KIDOU SENSHI GUNDAM 1979 TV

Era Real Robot mulai diperkenalkan dari anime ini, anime buatan Sunrise ini memberikan sebuah cerita robot yang berbeda dengan cerita-cerita Super Robot yang sudah muncul sebelum anime ini keluar. Anime ini sangat dikenal karena karakternya yang tidak biasa dan pekatnya telodrama diantara pihak-pihak yang bertikai.


GINGA TETSUDOU 999 1979 MOVIE

Sebuah anime fantasi yang sangat terkenal, sebuah karya emas Leiji Matsumoto. Tokoh dalam anime ini adalah Meitel, hingga saat ini masih menjadi tokoh favotite para otaku. Ceritanya sendiri mengenai perjalanan antar galaksi yang ditempuh hanya dengan menggunakan sebuah kereta, tentunya berbagai jenis petualangan dialami Meitel dalam perjalanannya.


LUPIN SANSEI CAGLIOSTRO NO SHIRO 1979 MOVIE

Movie Lupin Sansei yang sangat dikenal oleh orang-orang Jepang, selain memiliki cerita yang sangat menegangkan juga memiliki kualitas gambar yang bagus. Yang membuatnya beda karena adanya campur tangan Miyazaki Hayao dalam pembuatannya, karenanya kalau dilihat gambarnya menjadi sedikit berbeda.


DORAEMON 1979 TV

Siapa yang tidak kenal dengan anime yang menceritakan kehidupan Nobita bersama robot kucing sahabat setianya, Doraemon. Walaupun setiap episodenya berdurasi pendek tetapi mampu menghibur penonton sampai saat ini.


DR. SLUMP ARALE-CHAN 1981 TV

Anime konyol dengan cerita yang sederhana ini mampu menarik banyak penggemar. Keluguan seorang cyborg anak perempuan bernama Arale menjadi daya tarik tersendiri dari anime ini. Rasa keingin tahuannya terhadap segala sesuatu yang ada di sekitarnya membuat certa tersendiri yang dapat mengocok perut para pemirsanya.


URUSEI YATSURA 1981 TV

Anime fantasi karya Takahashi Rumiko yang menceritakan seorang gadis aneh dari luar angkasa yang datang ke bumi bernama lam, yang memaksa Shosei Ataru bertunangan dengannya. Dalam 2,5 tahun pertama, anime ini diproduksi Studio Pierrot, dan dalam 2,5 tahun terakhir produksinya dipegang Studio Deen.


THE IDEON INVOKED HATSUDOUHEN 1982 MOVIE

Movie yang dibuat dari serial TV [IDEON] ini sebenarnya bisa dibilang merupakan remake dari serial TV-nya yang belum tamat karena terpotong oleh suatu sebab. Ceritanya banyak diwarnai oleh kisah kasih sepasang insan yang memiliki nasib untuk mengendalikan sebuah robot besar, dan bertempur melawan musuh-musuh yang datang dari luar angkasa.


CHOUJIKUYOUSAI MACROSS 1982 TV

Bumi tiba-tiba diserang oleh Zentraedi, bangsa yang terdiri dari manusia-manusia berukuran raksasa. Dalam keadaan terdesak, manusia yang selamat berusaha menyelamatkan diri dengan pesawat super besar, Macross. Kisah ini menceritakan bagaimana para crew Macross menyelamatkan bumi dari kehancuran, kisah cinta segitiga juga mewarnai anime ini.


MAHOU NO PRINCESS MINKI MOMO 1982 TV

Minki Momo adalah seorang putri dari negeri mimpi yang bernama Fenarina, dia datang untuk membawa hati orang-orang ke dunia mimpi yang damai. Petualangannya menjadi sebuah petualangan yang penuh dengan ilmu sihir. Dibuat oleh para animator yang juga mengerjakan Urusei Yatsura dan Macross.


FUROU UN 1982 MOVIE

Kehidupan seorang pengembara diambil sebagai tema anime ini, petualangannya tidak hanya di satu tempat, berbagai tempat dan negara yang dihuni oleh orang-orang dengan sifat yang berbeda-beda juga merupakan tujuan pengembangannya. Falsafah hidup dan berbagai macam semangat hidup mewarnai kisah anime ini.


SHOKO KIHEI VOTOMS 1983 TV

Anime dengan tema Real Robot dengan tokoh utama bernama Kiriko dan Fiana, pertempuran di antara beberapa pihak dijadikan tema untuk anime yang satu ini. Senjata yang digunakan adalah Robot dengan pilot yang mengendalikan di dalamnya. Amane dikenal melalui teledramanya yang menceritakan kehidupan Kiriko dan Fiana.


MAHOU NO TENSHI CREAMY MAMI 1983 TV

Kisah seorang gadis biasa yang tanpa sengaja mendapat kemampuan untuk menggunakan sihir. Dengan kemampuannya itu dia dapat merubah dirinya menjadi idol Creamy Mami, namun dirinya sering kali bingung membedakan mana dunia nyata dan yang mana dunia maya ketika dia menggunakan sihirnya.


MIRAI KEISATSU URASHIMAN 1983 TV

Satu lagi sebuah cerita pahlawan keluaran Tatsunoko Production. Seorang pemuda bernama Urashima Ryuu secara tak sengaja terlempar ke masa depan, tepatnya tahun 2050. Di sana dia menggunakan sebuah mecha yang diberi nama Magnapolis untuk bertempur melawan Nekuraimu.


DAICON FILM 1983 EVENT FILM

Sebuah cuplikan anime yang dibuat oleh Gainax sebagai sarana promosi studionya, yang menarik dari animenya adalah Opening Anime yang diberi judul [DAICON IV]. Muncul juga Karakter Scince Fiction yang menyayikan lagu [Twilight] dari E.L.O.


GINGA HYOURYUU VIFAM 1983 TV

Anime mecha ini mengambil tema Real Robot sebagai dasar ceritanya. 13 orang yang terdiri dari anak-anak maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan, harus bersatu untuk mencari jalan pulang ke tempat tinggal mereka semula karena suatu kejadian mereka terhempas ke tempat tak dikenal di galaksi ini. Dalam perjalanannya mereka menemukan berbagai macam petualangan.


CAPTAIN TSUBASA 1983 TV

Satu lagi anime yang mengambil tema olahraga, dan sepak bola merupakan tema yang mengangkat anime ini. Menceritakan sepak terjang Tsubasa dalam menggeluti dunia sepak bola untuk membawa timnya ke peringkat teratas di seluruh Jepang. Ceritanya lebih bersifat fantasi karena banyak ditemui jurus-jurus yang dimiliki oleh pemain tertentu dalam setiap permainan.


TONGARI BOUSHI NO MEMORU 1984 TV

Memori adalah gadis mahkluk asing yang datang ke bumi dari bintang memoru, selain dia ada juga seorang gadis bernama Marieru, cerita mengambil tema fantasi dan Science Fiction.


URUSEI YATSURA 2 BEAUTIFUL DREAMER 1984 MOVIE

Kisah konyol Otaru Moroboshi dan Lum karya Rumiko Tkahashi dibuat v ersi movienya yang kedua. Movie kali ini menjadi istimewa karena kualitas animeanya bisa dibilang sangat bagus. Jalan dan suasana ceritanya dibuat sedemikian mungkin sangat berbeda dari film-film sebelumnya, sehingga para pemirsanya seakan-akan tidak sedang menonton Urusei Yatsura.


CHOUJIKUYOUSAI MACROSS AI OBOETEIMASUKA 1984 MOVE

Film layar lebar yang merupakan remake dari serial TV Choujikuyousai Macross, gambar sudah jelas diperbaharui dengan penambahan efek 3D, ceritanya sendiri sedikit berubah. Pertempuran yang sangat sengit dan kisah cinta segitiga yang merupakan ciri khas dari seri ini dibuat lebih terasa. Theme songnya yang berjudul "Ai O Oboeteimasuka" merupakan lagu yang tetaptekenang sampai saat ini.


KAZE NO TANI NO NAUSICA 1984 MOVIE

Film layar lebar yang merupakan debut pertama studio Gibli. Sebuah dunia dimana sebagian besar dunianya sudah ditutupi oleh jamur beracun dan manusia tidak dapat hidup di daerah tersebut. Terpaparlah daerah subur yang terletak di sebuah lembah, di sana hidup dengan tentram para penghuninya. Suatu ketika daerah tersebut diserang oleh sebuah kerajaan, untuk menghentikan perang berkelanjutan hanya ada satu cara, membuat obat untuk memusnahkan jamur beracun.


HOKUTONOKEN 1984 TV

Permukaan bumi sudah hancur dan menjadi tandus akibat dari perang nuklir yang terjadi karena adanya perang dunia ke-3. Di dunia ini hanya orang yang kuatlah yang dapat hidup, dan yang lemah menjadi bulan-bulanan yang kuat, di saat itu muncullah seorang pendekar aliran Hokuto Shin Ken bernama Kenshiro, melindungi yang lemah dari pembantaian.


MAHOU NO STAR MAGICAL EMI 1985 TV

Mahou Series ke-3 yang dibuat oleh Studio Pierro. Mengisahkan seorang gadis yang mendapatkan kekuatan sihir dan dengan kekuatannya itu dia dapat berubah menjadi seorang Magician bernama Magical Emi.


AOKI RYUUSEI SPT LAYZNER 1985 TV

Film seri dengan tema Real Robot, mengisahkan sekelompok orang yang membenci dan mengganggap rendah orang bumi. Kelompok tersebut menyatakan perang dengan manusia bumi, di tengah peperangan tersebut muncullah Eiji seorang anggota kelompok tersebut yang juga membela manusia bumi, karena ayahnya adalah orang bumi.


TOUCH 1985 TV

Anime beken yang diangkat dari manga karya Mitsuru Adachi. Mengambil olahraga baseball sebagai temanya. Tatsuya dan Katsuya adalah sepasang kakak beradik yang memiliki cita-cita yang sama, menjadi seorang pitcher handal. Diantara mereka sama sekali tidak ada persaingan untuk saling menjatuhkan malah saling membantu satu sama lain. Yang merasa sulit adalah teman wanita sejak kecil mereka, karena dia bingung untuk memilih yang mana sebagai kekadihnya.


TATAKAE!! ICZER-1 1985 OVA

Anime ini menjadi awal dari semua seri Iczer yang cukup dikenal hingga tahun 1997. Mengambil Scince Fiction sebagai temanya, menceritakan tentang sekelompok cewek yang bertempur dengan menggunakan armor suit.


TENKU NO SHIRO LAPUTA 1986 MOVIE

Studio Gibli mengeluarkan film layar lebarnya yang kedua, mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Shita yang dikejar-kejar oleh beberapa kelompok untuk mengetahui letak Laputa, sebuah kota yang melayang di langit menurut legenda. Kemudian dia bertemu dengan Pazuu, seorang anak laki-laki yang kemudian selalu menemani dan melindungi Shita.


DRAGONBALL 1986 TV

Diangkat dari manga karya Akira Toriyama, mengisahkan seorang anak bernama Son Goku yang mencari bola-bola naga yang mirip dengan bola naga yang dia dapat dari kakeknya. Dalam petualangannya dia bertemu dengan musuh maupun teman yang mewarnai perjalannya, Son Goku dan teman-temannya lama kelamaan


SAINT SEIYA 1986 TV

Diangkat dari kisah manga karya Masami Kurumada. Seiya dan kawan-kawan yang baru saja selesai berlatih untuk mendapatkan jubah untuk menjadi sebagai seorang pendekar, kini harus menguji kemampuannya untuk memperebutkan sebuah jubah emas dalam sebuah pertandingan. Namun semua permasalahan datang secara beruntun di mana sebenarnya jubah emas tersebit adalah 1 dari 12 jubah emas yang ada. Seiya harus melindungi Athena dengan bertempur melawan pendekar jubah emas yang ada.


OURITSU UCHUU HONEAMISE NO TSUBASA 1987 MOVIE

Mengambil latar sebuah dunia yang bisa dibilang sebagai paralel dunia nyata, dikisahkan sebuah waktu di mana pertama kalinya ditemukan cara untuk pergi ke luar angkasa, yang tentunya harus terbang menggunakan roket, tetapi orang yang dicalonkan untuk terbang dengan roket masih sedikit. Inilah anime yang menceritakan perjuangan seseorang yang mencalonkan dirinya sebagai orang pertama yang terbang ke luar angkasa.


YOUJUUTOSHI 1987 OVA

Kota Metropolitan yang begitu luas sering kali manyimpan sebuah misteri yang sangat dalam. Dalam kisah ini diceritakan sekelompok siluman muncul di antara manusia tanpa diketahui keberadaannya. Karena tindak tanduknya membahayakan kehidupan manusia maka muncul seorang pria yang bertempur dengan menggunakan pistol khususnya. Anime ini memiliki kualitas gambar dan gerakan yang sangat bagus.


TONARI NO TOTORO 1988 MOVIE

Satu lagi anime layar lebar keluaran Studio Gibli. Berbeda dengan anime-anime studio ini sebelumnya, Totoro mengambil tema cerita yang ringan dengan penggambaran suasana pemandangan dan kehidupan sehari-hari yang menarik. Mengisahkan sebuah keluarga, terdiri dari seorang ayah dan 2 anak gadisnya, mereka baru saja pindah ke rumah baru yang terletak di daerah yang masih asli. Tanpa disengaja gadis-gadis tersebut dapat melihat Totoro, mahkluk yang merupakan legenda di daerah tersebut.


HOTARU NO HAKA 1988 MOVIE

Bagaimanapun juga yang diisebut perang selalu meninggalkan penderitaan, hal ini dialami oleh Seita dan adik perempuannya, Seiko. Mereka berdua ditinggal mati oleh kedua orang tuanya dan harus meruskan hidup mereka di tengah keadaan yang susah karena adanya perang. Seita berupaya dengan segala cara supaya dia dan adiknya selalu mendapatkan makanan. Anime ini mengandung drama yang sangat menyentuh persaan pemirsanya.


TOP O NERAE ! 1988 OVA

Bumi sedang bertempur melawan mahkluk luar angkasa berukuran sangat besar, yang datang dari galaxy lain. Untuk itu kemudian pihak bumi membuat sebuah robot yang diberi nama [Gunbuster]. Noriko, seorang gadis yang masih dalam pelatihan, memutuskan untuk mengendalikan Gunbuster demi melindungi teman-temannya dan membalaskan kematian orang yang dia cintai. Kisah cinta dan roman turut mewarnai anime yang satu ini.


KIDOU KEISATSU PATLABOR 1988 OVA

Kejahatan dengan menggunkan robot yang disebut Labor semakin merajalela. Dibuatlah regu polisi yang menggunakan Labor untuk mengantisipasi kejahatan dengan mempergunakan Labor, dan kisah ini menceritakan kehidupan Noa Izumi dan Kazuma Shinohara yang tergabung dalam Divisi 2. Diangkat dari manga karya Masami Yuuki.


AKIRA 1988 MOVIE

Berawal dari kecelakaan yang menimpa salah satu anggota gank bermotor Kaneda, orang yang mengalami kecelakaan itu dibawa oleh tentara untuk dijadikan percobaan. Di sana dia bertemu dengan manusia percobaan nomor 26. dan membangunkannya. Sseorang harus menghentikan kemungkinan yang lebih fatal, karena jika Akira bangun maka berakhirlah dunia. Kaneda turun tangan untuk mengatasi masalah ini.


CHIBI MARUKO-CHAN 1990 TV

Anime ini terdiri dari rangkaian anime pendek seperti halnya Doraemon. Menceritakan kehidupan seorang anak perempuan bernama Maruko dalam kehidupan sehari-harinya. Cerita yang ringan dan humor dikemas sedemikian rupa supaya pemirsanya tidak pernah merasa bosan untuk menontonnya, dan setiap episodenya selalu berisikan sesuatu yang baru.


FUSHIGI NO UMI NO NADIA 1990 TV

Nadia, seorang anak gadis yang terlihat sangat polos dan ceria, di balik keceriannya dia selalu dikejar-kejar orang yang menginginkan sebuah rahasia yang tersimpan di dalam dirinya. Nadia sendiri menyadari bahwa dirinya memiliki hubungan dengan Atalantis, sebuah kota dengan peradaban tinggi yang sudah tenggelam. Teman-temannya berusaha untuk melindunginya walau nyawa taruhannya, lagipula yang mereka hadapi adalah orang-orang Atlantis engan senjata yang sangat canggih.


GIANT ROBO THE ANIMATION 1992 OVA

Daisaku, seorangt anak muda yang mampu mengendalikan sebuah robot besar bernama Giant Robo, kini harus manghadapi kelompok yang bermaksud untuk menguasai dunia. Kekuatan musuh yang sangat luar biasa membuat ragu dirinya untuk dapat menang melawan mereka. Anime ini merupakan remake dari cerita Giant Robo yang pernah dibuat dalam bentuk live-action sebelumnya.


YUUYUU HAKUSHO 1992 TV

Apa sih rasanya mati lalu sempat menjadi hidup. kemudian diberi kesempatan untuk hidup lagi. Yusuke Urameshi merasakan hal tersebut, namun syarat yang harus dia penuhi supaya dapat hidup lagi cukup sulit, dia harus menjadi detektif alam baka. Tugasnya ini mengahadapkan dirinya kepada para siluman yang berbahaya dan haus darah manusia, nasib umat manusia tergantung dari perjuangan Yusuke.


BISHOJO SENSHI SAILORMOON 1992 TV

Diangkat dari manga karya Yoko Takeuchi, menceritakan seorang gadis bernama Usagi Tsukino yang secara tiba-tiba mendapat kekuatan dan dapat berubah menjadi Sailormoon. Bersama pendekar Sailormoon yang lain, Usagi bertempur melawan kejahatan yang senantiasa mengganggu ketentraman hidup umat manusia.


CRAYON SHIN-CHAN 1992 TV

Kisah-kisah kenakalan seorang anak berusia 5 tahun, bernama Shinnosuke Nohara, biasa dipanggil Shin-chan. Dalam anime ini banyak sekali pelesetan-pelesetan tokoh anime ataupun tokusatsu, seperti pahlawan bertopeng yang merupakan pelesetan dari Kamen Rider, dan robot kantam yang merupakan pelesetan dari Gundam. Harus diakui kalau anime ini mengandung unsur pornografis-nya.


TENCHI MUYO! KAIKOON! 1992 OVA

Tenchi Masami pemuda yang mengisi liburannya dengan bekerja di kuil kakeknya. Rasa penasaran untuk masuk ke sebuah gua di dekat kuli membuat hidupnya yang tenang berubah. Dikisahkan dalam gua itu telah dikurung seorang iblis, kini Tenchi telah membangunkan kembali iblis itu, sekaligus mendapatkan pedang pusaka keluarganya. Namun iblis itu ternyata bernama Ryoko, dia senang menggoda Tenchi karena dia menyukainya, apalagi Ryoko pernah dikalahkan Tenchi dalam sebuah pertempuran.


AATS, MEGAMI SAMA 1993 0VA

Diangkat dari manga karya Kosuke Fujishima. Penggambaran karakter yang rapi dan bersih merupakan ciri khas dari anime ini. Mengisahkan kehidupan Morisato Keiichi yang berubah semenjak pertemuan pertamanya dengan Belldandy seorang dewi yang datang untuk mengabulkan permintaan Keichii. Sejak saat itu pula masalah terus berdatangan secara bergiliran.


KIDOU KEISATSU PATLABOR 2 THE MOVIE 1993 MOVIE

Setelah movie pertamanya sukses, maka movie kedua dari Kidou Keisatsu Patlabor dibuat dengan pendekatan keadaan yang lebih menyerupai kehidupan nyata dan sarat dengan nafas-nafas politik. Dalam cerita ini dikisahkan bahwa Noa Izumi dan Asuma Shinohara sudah keluar dari kepolisian, di mana teroris yang misterius muncul untuk mengacaukan kehidupan di Tokyo.


TOKYO BABYLON 2 1994 OVA

Salah satu anime yang diangkat dari manga karya CLAMP, dalam anime ini suasana yang digambar terasa kelam dan sepi, di mana hal itu sudah merupakan ciri khas dari karya-karya CLAMP. Ceritanya sendiri mengisahkan kehidupan Subaru yang berkaitan dengan masa lalunya, dan melanjutkan kisah anime sebelumnya.


MACROSS PLUS 1994 OVA

Anime yang terdiri dari 4 volume ini telah mengangkat nama Shoji Kawamori sebagai director. Memiliki kualitas gambar yang baik dengan penggunaan Computer Graphic di beberapa tempat. Kisah cinta segitiga yang merupakan ciri khas Macross tetap dipertahankan di mana dikisahkan konflik di antara 2 pilot bernama Isamu dan Guld dengan seorang manajer bernama Myung.


KIDOU BUTOUDEN G GUNDAM 1994 TV

Anime ini merupakan terobosan dari dalam dunia Gundam dengan memaparkan sebuah cerita alternatif. Ceritanya sendiri tidak memiliki hubungan dengan seri-seri Gundam sebelumnya. Tokoh dalam kisah ini adalah Domon Kasshu, seorang Gundam Fighter yang datang ke bumi dengan Mobile Fighter miliknya, Shining Gundam, untuk mencari kakeknya yang hilang.


AKAZUKIN CHACHA 1994 MOVIE

Menceritakan petualangan seorang anak pengguna lmu sihir bernama Chacha, dalam petualangannya dia dibantu oleh teman-temannya yang selalu mewarnai petualangannya dengan humor. Anime ini menagmbil tema petualangan sebagai tema ceritanya.


SHIN KIDOU SENKI GUNDAM W 1995 TV

Gundam Wing adalah seri Gundam kedua yang memaparkan sebuah cerita alternatif tanpa berhubungan dengan seri-seri Gundam sebelumnya. Seri ini memiliki bobot cerita yang cukup berat dan menarik untuk diikuti, sangat kental dengan unsur politik dan spionase. Heero Yuy dan 4 rekan lainnya adalah para pilot Gundam yang ditakdirkan untuk terlibat dalam perang kali ini.


GHOST IN THE SHELL-KOUKAKU KIDOU TAI- 1995 MOVIE

Sebuah film layar lebar yang diangat dari manga karya Masamune Shirow. Setelah pembuatannya diwasi oleh Mamoru Oshii sebagai sutradara, maka suasana dan penggambaran karakternya berbeda dengan manganya. Kusanagi Motoko adalah tokoh dalam cerita ini, di mana dia adalah seorang anggota polisi dengan tubuh Cyborg.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Live Stream