09.11

Shinkansen

Diposting oleh Team JAPANpedia

Pernah denger Shinkansen (新幹線) ?, nah kereta ini juga sering disebut kereta peluru, gimana engga ??, kereta ini bisa mencapai kecepatan 300 km/jam. ( cepet banget kan ? ), em banyak orang diluar jepang menyebut Shinkansen adalah nama keretanya, sebenernya Shinkansen itu adalah nama yang digunakan untuk menyebut nama jalurnya.

Sejarahnya dimulai pada tanggal 1 Oktober 1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo, jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli 1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.

pada awalnya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin Osaka memakan waktu 4 jam, namun pada tahun 1992 Shinkanshen model baru ( Nazomi ) dapat menghasilkan kecepatan 270 km/jam yang dapat menghasilkan perjalanan lebih singkat

pada tahun 2003, JR Central melaporkan bahwa waktu rata - rata Shinkanshen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan ( waw )

Keamanan
Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. Namun ada beberapa orang terluka dan satu kefatalan dikarenakan pintu yang menjepit penumpang atau barang mereka. Selain itu ada beberapa percobaan bunuh diri oleh penumpang. Karena itu beberapa stasiun telah memasang pagar pelindung. Meskipun begitu tetap saja ada percobaan bunuh diri oleh penumpang yang memanjat pagar pengaman tersebut.

Untuk menghadapi gempa bumi kereta ini dilengkapi dengan sistem pendeteksian yang akan memberhentikan kereta bila gempa bumi terdeteksi. Pada gempa bumi Chuetsu di Oktober 2004 sebuah Shinkansen yang dekat dengan pusat gempa lepas dari relnya, namun tidak ada penumpang yang terluka. Kereta generasi berikutnya, FASTECH 360 akan memiliki sayap rem penahan angin (yang mirip dengan kegunaan telinga) untuk membantu proses pemberhentian bila gempa bumi terdeteksi

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Live Stream