09.37

Akihabara

Diposting oleh Team JAPANpedia



Pusat perbelanjaan ini tepatnya berlokasi di kawasan Akihabara, distrik kota Taitō dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chiyoda. Akihabara sering disingkat sebagai Akiba.

Sejarah Akihabara





Siapapun yang pernah ke Tokyo, pasti tidak lupa untuk mampir ke tempat ini, Akihabara. Kota ini termasuk kota tertua di Jepang. Di akhir tahun 1869, daerah Akihabara menderita kerugian besar akibat kebakaran hebat. Kaisar Meiji memerintahkan pembangunan kuil yang dipercaya bisa memadamkan api (chinkasha). Di zaman Edo, penduduk setempat salah mengerti dan mengira di kuil tersebut dipuja dewa Akiha Daigon-gen yang dipercaya dapat memadamkan api. Selanjutnya, orang menyebut kuil dan lokasi di sekitarnya sebagai Akiba-sama atau Akiba-san (Tuan Akiba).

Tanah kosong (bahasa Jepang: hara) di sekeliling kuil dibebaskan dari bangunan agar api tidak menjalar bila terjadi kebakaran. Nama lokasi ini kemudian berubah menjadi Akihabara (tanah kosong di sekeliling Akiba-sama), dan kuil Chinkasha ikut dikenal orang sebagai kuil Akiba. Setelah jalur kereta api melewati tempat ini pada tahun 1888, kuil Chinkasha dipindahkan dan namanya secara resmi diganti menjadi Akiba-jinja (Kuil Akiba).

Sejarah Akihabara bagi negeri Jepang sendiri term
asuk besar. Saat perang dunia ke II , kota inilah saksi keganasan dari bom Amerika, selain kedua kota yang memang mutlak terkena bom atom saat itu, Hiroshima dan Nagasaki. Setelah bom atom itu meluluh lantakkan Jepang dan menghancurkan perekonomian negara Jepang, Akihabara menjadi pelopor kemajuan perekonomian negeri sakura tersebut.

Bom memang di lepaskan ke kedua kota penting Jepang saat itu, Hiroshima dan Nagasaki sebagai kekuatan militer dan jantung pertahanan Jepang. Demikian akihabara, sebagian kota ini juga terkena pembagian jatah bom juga. Dan setelah Jepang menyerah pada sekutu, kota ini menjadi tujuan utama bagi para pengais yen. Para pedagang gelap mulai menuju ke bangunan yang luput dari amukan atom, letaknya di jantung Akihabara (konon bangunan ini yang tersisa dari sekian bangunan yang hancur). Para pedagang mulai membuka bisnis gelap maupun resmi di Akihabara, barang yang dijual pada saat itu adalah barang elektronik yang yang tersisa pasca perang dunia.


Akihabara saat ini



Pusat perbelanjaan ini tepatnya berlokasi di kawasan Akihabara, distrik kota Taitō dan kawasan Soto-kanda di distrik kota Chiyoda. Akihabara sering disingkat sebagai Akiba.

Hingga kini Akihabara menjadi ikon resmi kota elektronik bagi negara Jepang, segala barang elektronik ada disini. Harga ? Namanya juga pusat elektronik, pasti lebih murah.Keasikan lain dari kota ini adalah di hari minggu sore. Kenapa hari minggu sore? Karena jalan di pusat Akihabara tertutup bagi pengguna kendaraan bermotor, khusus bagi pejalan kaki.


Bahkan bila kamu adalah seorang pecinta Anime dan Gundam, disinilah surganya. Sesuai seperti yang diceritakan di banyak anime dan drama Jepang bahwa Akihabara merupakan surganya Otaku.








1 komentar:

prisca melia mengatakan...

sayang banget semua artikelnya nggak bisa di copy, padahal mau dipake buat bahan LCT.

Posting Komentar

Facebook Live Stream